situs poker uang asli 24 jam terpercaya
situs judi poker online luar negeri

10 Cemilan Khas Medan Ini Wajib Kalian Cicipi

Selain wisata alam dan budayanya yang menarik, kota medan juga mempunyai wisata kuliner yang khas. Tak jarang kota Medan menjadi salah satu surga bagi para pecinta kuliner yang gemar berwisata.

Kota Medan terkenal memiliki beragam destinasi wisata yang menarik. Seperti destinasi wisata alam yaitu Danu Toba yang sudah mendunia keindahannya juga destinasi wisata budaya Batak yang unik.

Selain wisata alam dan budayanya yang menarik, kota Medan juga mempunyai wisata kuliner yang khas. Bagi para wisatawan yang berkunjung ke suatu kota, biasanya selalu mencari cemilan khas kota tersebut untuk dijadikan sebagai oleh - oleh.Begitu juga halnya dengan kota medan, pastinya juga memiliki cemilan khas kota Medan yang terkenal dan selalu menjadi incaran wisatawan.

Jika kamu tidak membeli salah satu cemilan khas Medan berikut ini, bisa dikatakan kamu belum sah mengunjungi kota Medan..


1. Bolu Meranti

Selain terkenal dengan rasanya yang enak, kue bolue gulung ini juga memiliki banyak varian rasa mulai dari keju, coklat, stroberi, blueberry, nenas, moka dan kacang. Nah salah satu rasa yang paling sering diburu adalah Bolu Meranti rasa keju.Bagi para pecinta keju, Bolu Meranti rasa keju ini akan memanjakan lidah. Hal ini dikarenakan bolu meranti rasa keju ini dilapisi oleh keju yang tebal dan padat.

Selain itu, juga ada bolu gulung spesial dengan rasa abon ayam. Bolu ini merupakan kombinasi  dari gurihnya bolu gulung rasa abon ayam yang dipadukan dengan krim mayonnaise.

Harga dari cemilan khas medan yang terkenal ini juga cukup terjangkau. Mulai dari 65K untuk bolu gulung standart.

2. Panckae Durian - Bagi para wisatawan yang ingin menjadikan buah durian sebagai oleh - oleh tentunya cukup sulit jika kamu membawa durian utuh. Namun, sekarang sudah ada cara baru tetap bisa menikmati buah durian khas Medan ini yaitu buah durian diolah menjadi sebuah Pancake Durian.

Pancake Durian merupakan olahan buah durian yang dibungkus dengan kuliah pancake yang tipis dan lembut. Olahan daging durian memiliki rasa yang manis dari daging buah durian dan lumer jika digigit di mulut.


3. Tahu Balek Pondok Surya - Pondok ini sudah terkenal namanya di daerah kota Binjai - Medan, tepat di jalan Ade Irma Suryani Gang Anggrek No. 6 Kp. Tanjung, Balai - Sumut. Pondok ini cukup terkenal di kota Binjai.

Menikmati tahu bakso hangat dengan sambal yang pedasnya maknyus dan perpaduan aroma daun sop dan bawang goreng yang pas memang sedang dicuaca yang mendung . Tekstur dan rasa daging bakso yang tidak terlalu berat namun juga tidak ringan terasa pas di lidah.

4. Bika Ambon Zulaikha - Kue ini terbuat dari tepung  tapioka, gula, santan, telur dan air  nira ini memang memiliki tekstur yang berserat. Hal ini dikarenakan pengguanakn air nira yang menjadi salah satu bahan pembuatannya. Air nira atau dikenal dengan nama tuak nira merupakan getah dari pohon kelapa yang digunakan untuk mencegah fermentasi sehingga membuat tekstur kue ini menjadi berserat. Penggunaan air nira ini juga menjadi rahasia dari kelezatan kue Bika Ambon yang menjadi cemilan khas kota Medan.

Rasa dari kue Bika Ambon Zulaikha ini juga beragam mulai dari rasa original, pandan, durian dan mocca. Harga Bika Ambon Zulaikha ini dipatok sekitar Rp 90k untuk satu kotak Bika Ambon Zulaikha.

5. Lapis Legit - Kue ini terdiri dari dua lapisan warna yang saling bertumpuk satu sama lain yaitu kuning keemasan dan coklat. Kue ini juga sering disebut sebagai kue rempah.

Hal ini karena kue ini memang memiliki aroma bumbu rempah yang harum yang menjadi salah satu bahan pembautannya. Aroma rempah inilah yang merupakan pengaruh dari Belanda karena bangsa Belanda memang menyukai rempah - rempah asal di Indonesia.

Produsen Lapis Legit yang terkenal di Kota Medan adalah Lapis Legit Affionis. Lapis legit ini sangat berbeda dengan lapis legit yang lain yaitu dengan ciri khas memberikan pilihan rasa seperti keju, cappucino, chocho chip dan raisin.

6. Roti Ganda - Roti Ganda ini sudah ada sejak tahun 1979 dan berada di pinggir jalan Soetomo. Setiap harinya toko roti ini tidak pernah sepi oleh pengunjung yang berasal dari kota Medan maupun wisatawan yang melancong ke kota Medan. 

Roti Ganda dengan isian selali srikaya dan meses coklat merupakan pilihan yang menjadi favorit bagi para pengunjung. Rasa roti tawar ini berpadu dengan selai srikaya atau meses coklat yang padat dan pastinya akan membuat kamu ketagihan.


7. Kacang Sihobuk - Kacang ini merupakan kacang garing yang menjadi makanan ringan atau jajanan khas Batak yang berasal dari Desa Sihobuk, Tarutung, Tapanuli Utara. Uniknya, kacang sihobuk yang belum dikuliti dimasak dikuali besar yang telah diisi dengan pasir, diaduk atau di gongseng hingga matang dan garing secara merata. 

Kacang Sihobuk ini terasa garing dan gurih dan cocok sekali dijadikan sebagai cemilan. Tekstur ini juga empuk dan dikemas dengan masih menyertakan kulit kacang sehingga kelihatan menarik.


8. Risol Gogo - Risol ini merupakan salah satu cemilan khas kota Medan yang cocok untuk dijadikan sebagai oleh - oleh. Risol ini didirikan sejak tahun 1981 oleh Juliani Chandra yang merupakan seorang ibu rumah tangga yang hobi memasak.

Risol ini memang berbeda dari risol biasanya karena kulit risolnya yang lebih tipis dan dilumuri dengan tepung panir yang lebih halus dari biasany. Selain itu, risol ini juga diberikan tambahan krim dan susu yang sangat lembut. 

Risol ini juga tersedia dalam keadaan mentah untuk digoreng sendiri dan juga ada yang sudah matang atau sudah digoreng.Risol gogo ini berada di Jl. Mojopahit No. 53, Petisah Tengah, Medan Petisah.


9. Teri Medan - Teri ini menjadi salah satu oleh - oleh khas Medan yang wajib kamu bawa jika kamu berkunjung dari Kota Medan.

Rasa dari ikan teri ini pun sudah tidak diragukan lagi. Begitu juga dengan harga pastinya. Harga teri ikan ini tergolong cukup mahal tergantung dengan kualitas ikan teri yang diinginkan.

Ada banyak olahan ikan teri yang bisa kamu temukan jika kamu berkunjung ke kota Medan. Mulai dari original atau masih mentah hingga yang sudah diolah menajdi makanan siap saji.


10. Medan Napoleon - Kue kekinian terbaru yang ada dikota Medan. Pemilik dari toko roti ini adalah seorang aktor nasional yaitu Irwansyah. Aktor ini kemudian berkolaborasi dengan Suratno yang merupakan pria asali kota Medan pemilik restoran Joko Solo dan Waroeng Nenek dan mendirikan sebuah toko roti khas kota Medan.

Kue ini dilapisi dengan 3 lapisan pastry, dioles lagi dengan selai lalu dibalut dengan bolu lalu ditambah dengan topping aneka rasa. Kombinasi dari kue tiga lapis, selai dan topping membuat kue ini menjadi oleh - oleh kekinian yang hits dimedia sosial.

Baca Juga : Jalan - Jalan Ke Kota Medan? Yuk Nikmati Makanan Ini! 

Posting Komentar

[disqus][facebook][blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.